Friday, 4 September 2009

bahasa jawa nama bapak

Habis pak bandi,terbitlah pak sofwan.

Kayaknya aku harus belajar bahasa jawa.kenapa aku bilang gitu?nah,disini ceritanya

Kayak biasanya,pak sofwan ngasih PR yang banyaaak banget.
dia ngasih PR gladhen 4 ABC dan surat buat ortu.hm,pas ngoreksi silang si ara dapet punya hakam.
“aaash!nggonane hakam,tukeraaaan!”kata si ara sambil mau ngrebut buku yang ada di depanku
“nih punya daris,mau?”
“…..”


Yayaya,emang ara sering digosipin sama daris.padahal suka aja enggak -..- gak tau deh,malang sekali nasibnya ara itu.lalu aku ngeliat tulisan ceker sapinya daris,kok PR nya ada yang JEJER WASESA LESAN sih?perasaan aku kemaren ngerjain gak ada itu deh.yah,sadar,aku Cuma ngerjain gladhen A sama bikin surat buat orang tua (sialnya,nama ortunya harus asli)doang.padahal nilainya dibagi 6,mau jadi apa nilaiku?-____- aku Tanya sana sini,apa bener gladhen B dan C juga dikerjain.eh,ternyata iya.tapi aku masih gak yakin gitu.

“paaaaaaaaaaak!” (ini manggil pak sofwan)

Pak sofwan gak denger,beliau masih nulis di papan tulis.padahal itu sepi.

“paaak saya mau tanya.”

Si pak sofwan nengok ke arah murid muridnya,kirain mau nanggepin aku,eh,beliau nulis lagi.kata si nurul,kalo mau Tanya harus pake bahasa jawa.nah,berhubung aku gak tau apa bahasa jawa alusnya “pak,yang dibahas gladhen apa aja?yang B dan C juga dibahas gak?” aku memutuskan untuk bilang

“KULA PAK!KULA!”

Krik.

Gak nyambung ya?kayak mau ditunjuk aja -__-

AKU NYERAH!
Akhirnya aku gak jadi Tanya sama beliau.dan aku Tanya ke Widy.eh tiba tiba

“heh,kae arep takon kok malah ra nggatekke ki piye?poso poso kok ndab.” (ndab=ndableg)

LHOH?GIMANA SIH,TADI AKU TANYA SAMPE TEREAK TEREAK BELIAU GAK DENGER,PAS AKU UDAH NYERAH,DIKIRA GAK MERHATIIN -..-

“lhoh pak,tadi saya udah mau siap dikasih jawaban malah gak jadi to pak?” (nyerah berbahasa jawa)
“pancen kowe ki ra nggatekke tenan,heh,sopo seng ngoreksi nggonane kae?arep tak delok garapane,nggatekke po ora.sopo jeneng bapakmu nduk?tak delok.”


Jeng jeng jeng jeeeeeng.kok sampe…sampee..bawa bawa nama bapak segala? (dikelasku,masih suka pada ece ecean nama bapak.contoh = wooo paijo!paijo!) aku takut ntar aku dipanggil pake nama bapakku kayak nasibnya ary sama wiwid -..- si arda,yang ngoreksi punyaku langsung nunjukin surat bikinanku yang pake basa jawa alus (nyontek di buku paket halaman 7)

hmmm,yowes,berarti kowe nggatekke.mung kurang sithik wae mau pas arep takon malah ra nggatekke.” Kata beliau sesudah melihat pekerjaanku.

Pak sofwan,guru paling gahol,tiap mau turun dari motornya dia selalu sisiran dan poninya dibikin jambul kayak jonas rivano.sekarang aku takut Tanya sama beliau -..- tapi gitu gitu beliau tu ngangenin,walaupun suka ngejek dan nyindir (hehehe) tapi suka bikin kangen kalo beliau udah lama gak ngajar.pak sofwan tetep guru favoritku,hlaaa satu satunya guru yang ‘ndagel’ gituu ee kalo bercanda

1 comment:

  1. peeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh lucuuuuuuuuuuuuuuuuune

    ReplyDelete