Monday, 8 February 2016

Surat Untuk Atha



Kepada teman senang dan susah sejak menjalani perkuliahan, kepada anak tunggal yang bahunya selalu kuat menopang harapan-harapan orang tuanya, kepada yang hadirnya selalu siap ditengah kecerobohan dan kepanikan yang melandaku,

Selalu ada perasaan malu ketika aku ingin berkeluh kesah padamu di kamar kosmu, atau di kamar kosku. Aku selalu menangisi masalah sepele, yang dibandingkan dengan masalah-masalahmu, masalahku cuma kayak ikan teri garing. Lihat bagaimana kamu kuat menghadapi semuanya, dan menjadi orang sebijak itu dalam menghadapinya.. Aku jadi malu. Apalagi aku pernah menangisi sebatang kunci motor yang hilang....

Sesekali kamu menangis, berteriak-teriak melimpahkan kekesalanmu, tapi itu tidak akan lama. Kamu akan tenang setelahnya dan mengeluarkan kalimat-kalimat bijak.

Atha, terima kasih sudah mau menjadi tempat berceritaku sejak kita berteman di bangku perkuliahan. Terima kasih sudah mau diketuk pintu kosnya tiap waktu ketika aku butuh teman cerita atau sekedar membunuh kesepian.

Aku tau kamu orang yang gampang sekali badmood, so thank you, mungkin kamu sudah berkali-kali menahan amarah dan kekesalan akibat perilaku ceroboh, pelupa, dan pemalasku. Mengingat sifatmu yang sangat rapi dan terorganisir, terima kasih karena telah membantu kekuranganku dengan sifatmu itu.

Aku beruntung di kuliahan ini berteman dengan kamu, you’re such a good influence for me (kecuali dalam masalah pergosipan ya, kamu amat sangat keji dasar ular). Kamu sudah tahu bagaimana bengal dan malasnya aku semasa SMP dan SMA.. 

Terima kasih untuk membantuku membawa keluar diriku sendiri dari masa-masa suram itu dan menulariku rajin kuliah, rajin mencatat, rajin bertanya pada dosen, serta rajin berdiskusi (yang ilmiah maupun ga ilmiah kayak gosip ular ala Atha). Aku juga jadi tambah pengetahuan tentang kecantikan gara-gara kamu, nih. Lumayan jadi bisa memperhatikan penampilan dikit-dikit. Aku jadi tau kalau lipcheek sama liptint itu beda, aku jadi tau kalau orang kurus jangan pake baju yang motifnya horizontal dan sebagainya. Lol.

Juga terima kasih, sudah mempercayaiku menjadi pendengar setia masalah-masalahmu, cerita bahagiamu, dan juga cerita-cerita KSBB mu. Aku tau kamu nggak cerita masalahmu sama sembarangan orang, maka dari itu aku menjaga semua ceritamu rapat-rapat. 

Semoga kita berteman terus ya. Kamu emang kalau PMS udah paling serem sih, bikin orang-orang mempertanyakan apa salah mereka padamu, tapi kamu juga paling tahan banting dalam membantu temanmu yang sering terseok-seok dalam segala hal ini..

Kamu yang lapar, PMS, dan pusing masih sempat menungguku mencari motorku di kampus, yang aku selalu lupa letaknya di mana,

Kamu yang selalu berangkat bareng dari kos ke kampus, dan rela pulang jalan kaki kalau ternyata aku ada rapat di ruang lembaga,

Kamu yang kalau ngobrol sama aku tengah malam pasti ngebahas rencana masa depan, pencapaian orang-orang di sekeliling kita yang membuat kita termotivasi,

Kamu yang ngidam donat j.co secara random sudah seminggu yang lalu tapi ketika kamu mendapatkannya kamu rela membuatku menghabiskan sebagian besar donat-donat itu,

Kamu yang tidak pernah bisa marah lama-lama ke aku, seberapa menjengkelkannya aku kalau sudah mengusik hari PMS mu dengan kecerobohan tiada henti... bahkan ketika aku lupa kalau kamu ulang tahun dan malah ngucapin ulang tahun ke orang yang ulang tahunnya udah sebulan yang lalu... kamu cuma mutung dua hari... =))

Aku sangat menyayangi orang-orang yang tetap di sampingku ketika berkali-kali dikejutkan oleh berbagai sisi burukku. Ingat itu. Jadi kamu juga termasuk orang-orang yang kuanggap penting.
Jangan capek-capek mengajakku pada hal-hal yang bermanfaat ya Atha. Aku mau banget kok diajakin les ini itu, atau ikut beauty class lagi. Makasih ya Atha, kamu udah baik banget loh ke aku sampai detik ini. Baik lagi kalau kamu gak ngecein aku lagi sama you-know-who... :) :)


2 comments:

  1. Salsa, aku baru tau kamu bisa seromantis ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bacalah tulisanku yang lain maka kamu akan mengerti kalau aku juga bisa bikin il feel :)

      Delete